Senin, 12 Maret 2012

Basis Kekuatan Ekonomi



Dalam upaya mewujudkan tatanan masyarakat madaniy, dibutuhkan sistem penunjang. Salah satunya adalah sebuah sistem dimana bisa menunjang kemandirian ekonomi masyarakat yang di cita-citakankan. Kemandirian ekonomi bisa diupayakan melalui berkoperasi. Koperasi yang dimaksud adalah koperasi yang sesuai dengan aturan islam. Baik dalam penyelenggaraannya maupun dari segi tujuan diselenggarakannya.
Desember tahun lalu telah didirikan Koperasi rintisan beberapa orang ADK. Telah disepakati penyelenggaraan Koperasi ini sesuai dengan syariat islam terutama dalam pola pengambilan keputusan di tubuh organisasi koperasi. Maka Koperasi ini di beri nama Koperasi Syariah Madani Sumatera Barat.
logo soft.pngJenis koperasi yang akan diselenggarakan dalam dua tahun yang akan datang adalah berbentuk Koperasi Konsumen. Namun kedepannya tidak tertutup kemungkinan ada kegiatan koperasi yang bersifat Koperasi Produsen, yang mana koperasi berperan memasarkan hasil produksi anggota nantinya.
Rencana awal usaha yang akan diselenggarakan adalah pemenuhan kebutuhan pokok anggota (Kopsya Mar’t ). Direncanakan, Kopsya Mart mulai berjalan pada semsester ke II tahun ini.
Anggota koperasi saat ini berjumlah 49 anggota. Karena koperasi yang didirikan bersifat masif, untuk menunjang berjalannya usaha, maka ditargetkan jumlah anggota terdaftar hingga juli tahun ini mencapai 200 anggota. Dengan demikian, usaha yang direncanakan layak terealisasi.
Berdasarkan hasil keputusan rapat pendirian pada 4 Desember 2011 lalu, disepakati simpanan pokok anggota sebanyak Rp 100.000, sedangkan simpanan wajib Rp 10.000. adapun simpanan sukarelanya tidak dibatasi berapapun jumlahnya.
Penambahan Sumatera Barat dibelakang nama koperasi adalah sebuah tawaran konsep dimana menjadi pembeda dari koperasi-koperasi yang ada sebelumnya. Koperasi Syariah Madani sumatera Barat berorientasi membangun sebuah kekuatan ekonomi ketika keanggotaan koperasi tidak dibatasi jumlahnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Alam Perwira | Basic Template Created By : Alam Perwira and original template by Denzdii | Powered By : Blogger